Ingin Tahu Sebenarnya apa itu website

Posted by kupaswebakun

Ingin Tahu apa sebenarnya Situs Web atau Website itu?

Situs Web atau sering disebut website tidak diragukan lagi adalah elemen terpenting dari internet. Istilah ini sering digunakan secara tidak konsisten, jadi untuk memperjelasnya, artikel ini menjawab pertanyaan: apa itu website?

Halaman utama dari sebuah website disebut beranda. Ini biasanya merupakan halaman pertama yang Anda lihat ketika Anda memanggil sebuah website dan juga dapat disebut sebagai ‘halaman awal’ atau ‘halaman indeks’. Mulai saat ini dan seterusnya, dapat disebut subhalaman situs.

Lalu Apakah Anda membutuhkan website Anda sendiri?

Kehadiran web digital memungkinkan konten seperti teks, gambar, dan video ditampilkan di internet. Ada banyak alasan mengapa pelaku bisnis membutuhkan website yang representatif: untuk menginformasikan calon pelanggan tentang produk dan layanan, untuk mewakili perusahaan, untuk memungkinkan kontak dengan departemen yang berbeda, atau untuk mendistribusikan barang secara online. Untuk pengguna pribadi, website memberi mereka kesempatan untuk secara aktif mengambil bagian dalam urusan publik. Ada juga situs pribadi yang berisi materi informatif atau digunakan untuk hiburan. Semisal www.youtube.com

contoh website, jasa pembuatan website

www.youtube.com salah satu contoh sebuah website

 

Anda dapat juga menempatkan tautan ke website Anda sendiri di samping profil jejaring sosial Anda, ini akan meningkatkan peluang untuk menarik perhatian calon pemberi kerja, pihak yang berkepentingan, atau orang yang memerlukan bisnis anda.

Membuat website

Banyak perusahaan menyertakan tautan ke website mereka di kartu nama atau tanda tangan email mereka. Saat alamat ini dimasukkan ke dalam bidang penelusuran browser (dikenal sebagai pencari sumber daya seragam, URL), halaman awal website akan muncul. Bergantung pada ukuran website, pengunjung situs memiliki kesempatan untuk mengakses subhalaman website. Hyperlinks, atau hanya ‘link’ digunakan untuk menghubungkan satu dokumen HTML dari sebuah website. Tautan ke subhalaman penting (mis. Departemen, kategori produk, atau halaman informasi perwakilan) biasanya digabungkan dalam navigasi dan dapat ditemukan di tajuk website. Mereka ditampilkan di setiap subhalaman website dan tidak hanya di beranda. Navigasi membantu pengguna menyesuaikan diri dan melihat ikhtisar struktur website. Tautan ke lebih banyak subhalaman juga dapat ditempatkan di elemen teks dan gambar di konten website. Footer di bagian bawah halaman sering kali berisi link ke informasi lebih lanjut seperti pemilik situs dan kerangka hukum. Jika anda ingin memiliki website yang profesional dapat menggunakan salah satu jasa pembuatan website dari kupasweb.com

Dinamis vs. situs statis

Jika tujuannya adalah agar situs Anda berperan sebagai kartu nama digital, maka website statis biasanya sudah cukup. Dokumen HTML dengan informasi yang diinginkan dibuat dan disimpan di bawah URL mereka sendiri di server web. Saat pengguna memasukkan alamat web, mereka disajikan dengan dokumen HTML statis yang terlihat persis seperti yang disimpan di server. Tetapi apa yang terjadi ketika sebuah website perlu menambahkan konten baru secara teratur? Dengan website statis, perubahan perlu dilakukan secara manual dalam kode HTML masing-masing subhalaman proyek web. Namun, dengan website dinamis, langkah manual ini dapat dihindari karena server web baru saja membuat website setiap kali mereka dipanggil. Alih-alih terus menerus mengeluarkan halaman HTML statis yang tidak dimodifikasi, server menyesuaikan konten halaman secara otomatis sesuai dengan pembaruan terakhir. Website dinamis didasarkan pada pembagian konten dan tata letak yang ketat. Kedua aspek tersebut dirangkai saat situs dimasukkan ke dalam browser. Oleh karena itu, website dinamis membutuhkan lebih banyak server berkinerja tinggi daripada website statis, serta database seperti MySQL, yang dengannya server dapat mengelola elemen website. Umumnya, website dinamis mengandalkan tata letak dan templat desain yang telah ditentukan sebelumnya, yang diisi dengan konten yang relevan. Karena fleksibilitasnya, website dinamis adalah pilihan yang lebih populer.

 

tip

 

Dengan KUPASWEB.COM, jadikan bisnis Anda online hanya dalam beberapa langkah dengan Jasa Pembuatan Website satu halaman yang sepenuhnya dapat disesuaikan termasuk domain gratis dan alamat email yang dipersonalisasi!

Layanan Jasa Pembuatan Website dari Kupasweb Full Support dengan Harga Promo Jasa Pembuatatan Website yang terjangkau dari www.kupasweb.com

Proyek web statis dan dinamis dengan perbandingan

Keuntungan website statis: website statis murah untuk dioperasikan. Dokumen HTML dibuat sekali dan dikirim tanpa modifikasi sejak saat itu. Jika website statis digunakan untuk memberikan informasi abadi, pemeliharaannya jelas lebih rendah daripada website dinamis. Mereka juga jauh lebih cepat karena website dimuat oleh server tanpa perubahan apa pun. Website statis biasanya lebih murah untuk dihosting karena server tidak memiliki tuntutan lebih lanjut untuk dijalankan selain dari opsi penyimpanan.

Kekurangan: informasi lama harus diganti secara manual di halaman HTML website statis, yang membutuhkan banyak usaha. Ini membutuhkan pengetahuan pemrograman yang relevan. Program FTP untuk mentransfer dokumen HTML di server web juga diperlukan.

Keuntungan website dinamis: website dinamis mendapat manfaat dari fleksibilitasnya. Karena pemisahan konten web dan tata letak yang ketat, perubahan konten dapat dilakukan oleh pengguna tanpa pengetahuan pemrograman sebelumnya. Editor teks biasanya tersedia. Website dinamis juga memiliki keuntungan karena dapat bereaksi terhadap masukan pengguna.

Kekurangan: membuat website dinamis umumnya membutuhkan sistem manajemen (CMS atau web shop system). Selain pengetahuan HTML dasar, menyiapkan sistem juga membutuhkan bahasa pemrograman lebih lanjut, seperti Perl atau PHP. Server tempat sistem dihosting harus memiliki database. Bergantung pada ukuran proyek, website dinamis membutuhkan lebih banyak sumber daya server daripada proyek website statis.

Jalur ke website Anda sendiri

Bergantung pada jenis dan ukuran website yang dimaksudkan, ada tiga kemungkinan untuk membuat website pribadi. Dulu menulis kode sumber website sendiri dengan bantuan editor HTML merupakan praktik umum, tetapi sekarang ada banyak perangkat konstruksi website dan sistem pengelolaan konten yang memberikan solusi yang lebih nyaman. Jika Anda tidak memiliki pengalaman pemrograman yang relevan, Anda dapat memilih dari berbagai penyedia yang sangat terspesialisasi, yang membuat dan mengelola situs Anda secara profesional dengan biaya yang wajar.

Jika Anda dapat memimpikannya, kami dapat membangunnya!

Tidak ada waktu untuk membuat website? Biarkan kami yang mengurusnya! Dengan layanan desain MyWebsite, tim desain website ahli kami akan membangun website berkualitas agensi untuk bisnis atau proyek Anda dengan harga yang lebih murah!

Domain

Sertifikat SSL

Akun email

Dan Fitur Pendukung lain

Anda tidak perlu menjadi ahli pemrograman untuk membuat situs internet Anda sendiri. Dengan bantuan team kupasweb.com website Anda dapat memiliki website Anda sendiri dan berjalan hanya dalam beberapa klik dengan memilih salah satu dari banyak templat dan desain yang sudah jadi. Blok ini dapat disesuaikan secara sistematis dalam opsi prasetel di editor ‘apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan’ (WYSIWYG). Semua perubahan yang Anda buat dapat dilihat menggunakan fungsi pratinjau di layar. Setelah tata letak siap, setiap halaman web dapat diisi dengan konten seperti teks, gambar, atau video. Jika kit konstruksi website digunakan dalam kombinasi dengan layanan hosting web, website yang sudah jadi dapat segera online. Membuat website menggunakan kit menawarkan banyak keuntungan: mereka dapat dirancang tanpa pengetahuan pemrograman. Penyesuaian dapat dilakukan dengan mudah melalui editor. Namun, kerugiannya adalah fleksibilitas terbatas dari sistem kit konstruksi karena hanya terbatas pada setelan desain default dan hanya untuk website statis.

Tip

 

Berkat aspek intuitifnya, pembuat website adalah alat yang hebat untuk mulai membangun situs Anda sendiri, terutama untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman pemrograman.

Sistem manajemen konten: desain web untuk yang lebih maju

Jika Anda merasa siap untuk mempelajari lebih dalam tentang cara membuat website, dan Anda tidak takut dengan bahasa pemrograman seperti HTML atau PHP, Anda dapat menggunakan sistem pengelolaan konten (CMS) untuk memastikan fleksibilitas. Saat diinstal di server web, CMS mengelola konten website secara terpisah dari template desain dalam database dan menghasilkan website dinamis dengan setiap akses pengguna. Sistem manajemen konten sangat populer untuk penggunaan pribadi maupun bisnis karena CMS yang sangat efisien tersedia sebagai perangkat lunak sumber terbuka dan oleh karena itu umumnya gratis. Pemimpin pasar termasuk WordPress, Joomla, Drupal dan Typo3 dimana ada banyak template dan plugin yang tersedia online yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan website Anda.

Konten seperti teks, gambar, dan video dapat diperbarui menggunakan editor, yang mirip dengan kit konstruksi website. Jenis CMS ini dinamai ‘front end’. Tugas editorial dapat dilakukan dengan CMS, bahkan oleh mereka yang bukan ahli komputer. Operasi website yang aman mencakup lebih dari sekadar menginstal perangkat lunak, dan oleh karena itu CMS harus selalu diawasi oleh administrator. Tugas ini mencakup pelaksanaan pembaruan perangkat lunak dan menjaga kinerja sistem manajemen. Administrator bekerja di bagian belakang dan oleh karena itu penting untuk memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman CMS yang relevan.

Situs HTML yang diprogram sendiri: solusi profesional

Jika Anda menginginkan kustomisasi lengkap website Anda, Anda harus memprogram sendiri kode sumber dokumen HTML atau template CMS pribadi dari awal. Opsi ini benar-benar hanya tersedia untuk pengguna pribadi jika mereka memiliki pengetahuan yang diperlukan atau ingin memperolehnya. Banyak perusahaan melakukan outsourcing pemrograman website individu alih-alih mempekerjakan spesialis.

Website statis yang sangat sederhana dapat dibuat jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS (cascading style sheets). Pemula dapat mengandalkan editor yang bekerja berdasarkan prinsip WYSIWYG. Dengan cara ini, Anda dapat melihat pada titik mana pun pengaruh kode sumber terhadap struktur, tata letak, dan elemen desain website. Karena website profesional harus sesuai dengan standar keamanan tertentu serta aspek optik dan fungsional, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari pemrogram, perancang web, atau agensi yang relevan terkait dengan website bisnis.

Apa yang penting untuk website Anda?

Menempatkan konten secara online lebih mudah dari sebelumnya, tetapi sebelum website online, Anda harus memeriksa setiap subhalaman untuk mengetahui kepastian hukum guna menghindari konfrontasi hukum, yang dapat memakan biaya besar.

  • Hak cipta online: Undang-undang hak cipta juga ada secara online. Jika Anda memasukkan teks, gambar, video atau file musik di website Anda tanpa meminta izin terlebih dahulu, Anda membuat diri Anda sendiri dapat dituntut. Anda hanya dapat menggunakan materi yang dilindungi hak cipta dengan persetujuan pemegang hak. Perangkat lunak juga termasuk dalam kategori hak cipta dan menggunakan template dapat menimbulkan masalah jika pemrogram tidak secara eksplisit membuatnya tersedia untuk penggunaan gratis.

Jika anda ingin memiliki sebuah website dengan fitur yang kekinian namun tidak meninggalkan aspek formal yang dasar. Kupasweb.com dengan jasa pembuatan websitenya dapat mengakomodir kebutuhan anda tersebut.

Perencanaan Jasa Pembuatan Website dari Kupasweb terstruktur dan dengan konsep kekinian dengan Harga Promo Jasa Pembuatatan Website terjangkau dari www.kupasweb.com

Tinggalkan Balasan